Kamis, 15 September 2011

Shopping ala Penyihir di Kawasan Diagon Alley

Diagon Alley, berasal dari kata diagonally, merupakan sebuah kawasan di London Inggris yang diperuntukkan bagi pusat perdagangan para penyihir. Jalan masuknya terletak di bagian belakang sebuah tempat minum dan penginapan bernama The Leaky Cauldron yang terletak di Charing Cross Road. Di tempat ini, para penyihir dapat membeli apapun yang mereka inginkan. Setiap tahun ajaran baru, pastinya murid-murid Hogwarts belanja di sini, apalagi kamu-kamu yang bermain di Pottermore, pasti mendatangi tempat ini. Untuk tahun pertama, kamu akan diberikan sebuah daftar belanja yang harus kamu beli dan bawa ketika sekolah di Hogwarts.

Daftar belanjaan anak Hogwarts tahun pertama


Dalam Pottermore, Diagon Alley dikemas sangat apik dan kamu pasti senang mengeksplorasi toko-toko disini. Di Diagon Alley terbagi menjadi 3 bagian yaitu : Diagon Alley bagian utara, Diagon Alley bagian selatan, dan Knockturn Alley.


1. Diagon Alley bagian utara
Begitu kamu masuk ke Diagon Alley, bagian ini yang pertama kali akan kamu lihat. Di sini banyak sekali terdapat toko dan terutama bank Gringotts.

Dari kiri ke kanan : Potage's cauldron shop, Apothecary, Wiseacre’s wizarding equipment, Florean Fortescu’s Ice cream parlour, Madam Malkin’s, Gringotts wizarding Bank (tengah), Eeylops Owl Emporium, Quality Quidditch supplies, dan Flourish and Blotts


Hampir semua toko di sini bisa dimasuki kecuali Quality Quidditch supplies, Fortescu’s Ice cream parlour, dan Madam Malkin’s karena dalam buku pertama, Harry tidak memasuki toko-toko tersebut. Beriku penjelasan setiap toko yang bisa dimasuki :

Gringotts wizarding Bank
Merupakan tempat yang pertama yang harus kita kunjungi. Kalau tanpa uang sihir gimana kita bisa belanja di Diagon Alley? masa bayar pake rupiah? ya ndak laku.. makanya kita buka rekening di bank itu, otomatis dapat 500 Galleon. Menurut sejarah, Gringotts adalah bangunan tertua di Diagon Alley trs diikuti toko-toko sekitarnya.

Bank Gringotts yang katanya tempat teraman di dunia, tapi kenyataannya pada tahun pertama dan ketujuh Harry Potter berhasil dibobol masuk.


Eeylops Owl Emporium
Tempat ini punya slogan : Eeylops Owl Emporium-tawny, screech, barn, brown, and snowy. Pertama-tama ketika belanja di Diagon alley, kita harus memasuki tempat ini dan membeli seekor binatang peliharaan, bisa burung hantu ATAU kucing ATAU katak. Toko Eeylops Owl Emporium & Magical Menagerie menjual 3 jenis binatang yang bisa dibawa ke Hogwarts sebagai peliharaan, yaitu burung hantu (tawny, barn, brown, screech, dan snowy), kucing (black, ginger, siamese, tabby, dan white), dan katak (common, crested, harlequin, natterjack, dan western green). Tapi jika kita ingin menginginkan jenis burung hantu seperti Hedwig yaitu snowy owl, tak akan bisa, karena stok nya sudah abis karena sebelumnya jenis burung ini dibeli oleh Harry Potter.
INGAT : hati-hati dalam memilih binatang peliharaan, karena akan menjadi icon Pottermore mu, sekali dipilih dan dibeli ga bisa dibalikkin lagi.

burung hantu (tawny, barn, brown, screech, dan snowy) dan kucing (black, ginger, siamese, tabby, dan white)


katak (common, crested, harlequin, natterjack, dan western green)



Flourish and Blotts
Untuk segala kebutuhan tentang buku-buku sihir di sinilah tempatnya! Buku-buku yang kita butuhkan dalam list ada di sini semua. Cover buku dibuat dengan apik, tapi sayang ga bisa dibaca.

Setiap murid tahun pertama harus memiliki buku: -The Standard Book of Spells (Grade 1) [Miranda Goshawk] -A History of Magic [Bathilda Bagshot] -Magical Theory [Adalbert Waffling] -A Beginners’ Guide to Transfiguration [Emeric Switch] -One Thousand Magical Herbs and Fungi [Phyllida Spore] -Magical Drafts and Potions [Arsenius Jigger] -Fantastic Beasts and Where to Find Them [Newt Scamander] -The Dark Forces: A Guide to Self-Protection [Quentin Trimble]


Potage’s cauldron shop
Toko ini menyediakan segala jenis kuali yang dibutuhkan para penyihir, mulai dari kuningan, tembaga, timah, perak, bahkan emas semua ada dengan berbagai ukuran. 

Kuali yang dijual : pewter, brass and copper


The Apothecary
Yang jelas, kamu bakal bolak-balik toko ini kalau suka bikin ramuan. Segalanya mulai ada dan berbagai harga, mulai dari yang termahal benzoar (10 galleon 1 nya!) dan juga ada yang murah (1 galleon bisa dapet berpuluh-puluh). Sebenarnya selama perjalanan di Pottermore kamu juga akan menemukan bahan-bahan ramuan di berbagai tempat. Tapi kalau mau simpelnya, kamu bisa membeli bahan-bahan itu di sini. 

The Apothecary : toko tempat menjual bahan-bahan ramuan


Wiseacre’s wizarding equipment
Tempat beli timbangan dan barang-barang yang menarik di sini. contoh : peta, remembrall, dll. Sayangnya cuma bisa dikoleksi aja, ga bisa dipake. 

Toko yang satu ini bikin silau mata! barangnya bagus-bagus.



2. Diagon Alley bagian selatan
Begitu kamu klik tanda panah di jalan, kamu akan masuk Diagon Alley bagian Selatan. Di sana masih banyak toko yang ditutup dan kita tidak bisa memasukinya, kecuali hanya ada 1 toko yang kita bisa masuki yaitu Toko Ollivanders. Di sini pun ada akses jalan ke Knockturn Alley, tapi menurut kami, baru bisa dibuka setelah Harry Potter and the Chamber of Secrets.

Dari kiri ke kanan : The daily prophet, Wizz Hard Book, Second-Hand Robes,The Junk Shop, Ollivanders (tengah), Obscurus Book, Akses Knockturn Alley, Gambol and Japes, dan Twilfit and Tattings


 Ketika masuk toko Ollivander, kamu akan ditanyai sejumlah pertanyaan yang akan menentukan jenis tongkatmu. (untuk tahu jenis tongkat, baca notes tentang : jenis kayu, inti, dan panjang dan kelenturan tongkat sihir).

Selamat menikmati belanja-belanja di Diagon Alley, jangan lupa oleh-olehnya ya! :D

-POTTERMORE INDONESIA-

2 komentar: