Minggu, 28 Agustus 2011

Kereta Api Hogwarts Express : transportasi utama yang digunakan setiap murid hogwarts untuk pergi ke sekolah dan pulang ke rumah.
Melalui catatan sejarah, lukisan kayu, dan relief-relief, kita tahu bahwa dulu siswa Hogwarts berangkat ke sekolah dengan cara sesuka mereka. Beberapa siswa menaiki sapu terbang (agak sulit ketika membawa koper & hewan peliharaan); ada yang menggunakan troli atau kereta yang telah dimantrai; ada pula yang mencoba ber-Apparate (efeknya mengerikan karena kastil dan tanah Hogwarts dilindungi Mantra Anti-Apparition); sisanya mengendarai berbagai makhluk gaib.

Apparate : salah satu berpergian yang praktis tetapi harus dilakukan oleh penyihir yang ahli karena jika tidak bisa terjadi spliching atau berpindah tempat tidak pada tujuannya, seperti Harry cs yang hampir tertabrak bus

Portkey : efeknya bikin pusing-pusing, mual, muntah.


Menunggang Threstal : makhluk yang satu ini bisa digunakan untuk transportasi bahkan dijamin 100% sampai tujuan. Akan tetapi, jumlahnya yang sedikit dan reputasinya yang buruk (berhubungan dengan kematian) membuatnya dihindari oleh para penyihir dan penangkarannya pun jarang.


Spliching : efek kesalahan bila berapparate secara tidak benar.


Alat transportasi gaib semacam ini kerap mengakibatkan kecelakaan, belum lagi setiap tahun selalu ada Muggle yang menyaksikan sejumlah besar penyihir beterbangan ke utara. Meski begitu, orang tua tetap berkewajiban menyekolahkan anak-anak mereka. Ditetapkannya Undang-Undang Kerahasiaan Internasional tahun 1692 membuat komunitas sihir menyadari pentingnya menemukan moda transportasi rahasia untuk ratusan anak penyihir dari seluruh penjuru Inggris agar bisa tiba di sekolah mereka di Dataran Tinggi Skotlandia.



Portkey pun menjadi pilihan dan segera disebar di berbagai tempat. Akan tetapi, logistik menjadi masalah sejak awal. Sepertiga siswa gagal tiba karena terlambat atau tidak menemukan benda-benda yang dapat membawa mereka ke sekolah. Selain itu, banyak siswa yang ‘mabuk-Portkey’ sehingga setiap tahun klinik Hogwarts selalu penuh pada beberapa hari pertama untuk menampung siswa yang histeris dan muntah-muntah.

Jaringan Floo : kesalahan pengucapan nama tujuan tempat bisa berakibat nyasar ke temapat lain. Selain itu transportasi yang satu ini bikin kita kotor.
Walaupun Portkey diakui bukan penyelesaian atas masalah transportasi ke sekolah, Kementerian Sihir tak punya alternatif lain. Mereka tidak mungkin kembali ke cara lama yakni bepergian sesuka hati, sedangkan rute yang lebih aman (misalnya membuka satu perapian khusus agar  dapat dimasuki jaringan Floo) mendapat tolakan keras dari mantan-mantan Kepala Sekolah. Alasannya, mereka tidak ingin keamanan kastil dibobol pihak luar.

pembuatan Kereta api Hogwarts
Solusi berani dan penuh kontroversi atas permasalahan ini akhirnya dicetuskan oleh Menteri Sihir, Ottaline Gambol yang terinpirasi dari penemuan Muggle dan melihat adanya potensi pada kereta api. Tak pernah ada bukti yang menyatakan dari mana asal Hogwarts Express. Akan tetapi, terdapat catatan rahasia di Kementerian Sihir berisi rincian operasi massal berupa penggunaan seratus enam puluh tujuh Jampi Memori dan Mantra Pelenyap terbesar yang pernah dipakai di Inggris. Pagi hari setelah perbuatan tersebut diduga dilakukan, warga desa Hogsmeade (yang bahkan tak pernah tahu kalau mereka punya stasiun kereta api) dikejutkan oleh sebuah mesin uap dan deretan kereta berwarna merah tua menyala. Sepanjang sisa tahun itu, sejumlah Muggle pekerja rel di Crewe bergumul dengan perasaan aneh karena merasa kehilangan sesuatu yang penting.

Setiap 1 September 2011 pukul 11.00 A.M. waktu inggris, Kereta Api Hogwarts Express akan berangkat dari Peron 9 ¾ Stasiun King's Cross London Inggris menuju Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Para orang tua dan murid penyihir diharap datang sebelum waktunya dan jangan lupa membawa tiket


Hogwarts Express melalui berbagai modifikasi sihir sebelum Kementerian menyetujui penggunaannya untuk sekolah. Banyak keluarga darah-murni merasa terhina karena anak mereka harus memakai transportasi Muggle yang mereka anggap tidak aman, kotor, dan memalukan; namun sejak Kementerian menetapkan bahwa siswa boleh memilih naik kereta atau tidak sekolah sama sekali, keberatan tersebut perlahan mulai menghilang.

Setiap tahun para orang tua mengantarkan dan menjemput anak-anak penyihirnya di Stasiun King Cross peron 9 ¾



Penerjemah : Potioners Lita Febrian
-POTTERMORE INDONESIA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar